sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

“Seni Anjasmara”

Minggu, 02 Oktober 2005
Seniman berdalih, ketelanjangan adalah sebuah seni. Bila foto tanpa busana dipertontonkan di publik, masalahnya jadi lain. Lain hal bila disimpan di kamar. Baca Catatan Akhir Pekan Adian Husaini ke-117

Ahad, 2 Oktober 2005

Anjasmara, yang berakting tolol sebagai si Cecep dalam sebuah sinetron TV, ternyata mampu membuat heboh. Foto-foto telanjangnya yang terpampang pada Pameran “CP Biennale 2005” di Museum Bank Indonesia Jakarta Kota, mendapatkan protes dari berbagai kalangan. Masyarakat Tolak Pornografi (MTP) menilai foto-foto Anjas itu sebagai produk yang tidak santun.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam siaran pers LSM yang diterima ANTARA,  (19/9/2005) MTP menyatakan bahwa, karya seni seharusnya memenuhi unsur kepatutan dan kesantunan.

MTP lebih jauh menegaskan, kalangan seniman tidak bisa diperlakukan sebagai warga istimewa yang berhak mengekspresikan apa saja tanpa batas, dan bahwa kebebasan berekspresi yang di jamin di negara ini tidak berarti segala hal bisa dipamerkan kepada masyarakat umum.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Siaran pers dengan judul “Protes Pameran Foto Telanjang Anjasmara” itu menyatakan, bila suatu karya seni diungkapkan dengan foto-foto tanpa busana hanya untuk koleksi pribadi atau disimpan di kamar tidur, itu menjadi urusan pribadi yang bersangkutan dengan Tuhan, tetapi mana kala itu dipertontonkan di muka umum, apalagi diliput media massa secara bebas sehingga bisa menjangkau khalayak sangat luas, masalahnya menjadi lain.

MTP meminta para seniman untuk tidak memaksakan nilai-nilai liberal kepada masyarakat secara arogan.

“Masalah pornografi sudah sangat memprihatinkan dan melibatkan pelaku maupun korban berusia muda,” demikian dikatakan MTP.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Anjasmara sendiri dalam wawancara yang dimuat salah satu tabloid ibukota, menyatakan foto-fotonya yang dibuat oleh fotografer Davy Linggar tersebut benar-benar untuk kepentingan seni. “Itu pure art,” kata suami aktris Dian Nitami tersebut.

Dalam pameran “CP Biennale 2005”, 5 September-5 Oktober, foto-foto telanjang Anjasmara dipersandingkan dengan foto-foto bugil model wanita, Isabel Yahya dengan menggunakan teknologi digital imaging, dalam konteks “Adam dan Hawa”. Rangkaian foto tersebut menampilkan dua sosok manusia yang bisa digambarkan sebagai Adam dan Hawa, dalam pose bugil di alam bebas.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Front Pembela Islam (FPI) juga tidak tinggal diam terhadap perilaku Anjasmara. Mereka kemudian melaporkan kasus foto Anjasmara itu ke Polda Metro Jaya. Ketua laskar FPI Jakfar Sidiq mengatakan, foto Anjasmara yang terpampang di pameran itu telah menodai
perasaan umat Islam.

“Anjasmara di foto telanjang bersama model Isabele Yahya dengan berlatarbelakang kisah nabi Adam dan Hawa di Surga. Itu sudah penodaan terhadap Nabi Adam,” katanya. Selain Anjasmara, FPI juga melaporkan model Isabele Yahya, fotografer Dafy Linggar dan penyelenggara pameran CP Bienalle.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Kasus foto bugil Anjasmara ini kembali mengangkat isu laten dalam diskursus “nilai” dalam seni, apakah kesenian termasuk bidang yang bebas nilai, atau tidak. Kasus seperti ini senantiasa terulang dan tidak terselesaikan, mengingat sikap negara Indonesia sendiri yang berada “serba tidak jelas” dalam masalah nilai.

Nilai apa yang digunakan untuk menilai salah dan tidaknya tindakan Anjas? Ketika menampilkan foto-foto karyanya yang terdiri atas sejumlah wanita telanjang, Darwis Triadi juga beralasan, itu semata-mata suatu seni.

Para artis lain yang pernah terkena kasus semacam ini juga berpendapat sama: seni adalah seni, tidak boleh dimasuki nilai-nilai agama.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Jika kalangan seniman berpikiran sekuler-liberal, seperti Anjasmara, Darwis Triadi, dan  sebagainya, itu bisa dimaklumi. Karena mereka tidak mengatasnamakan kalangan Islam. Mereka bicara dari kalangan seniman, yang mencoba memisahkan antara seni dan agama. Seni adalah seni yang punya nilai sendiri, dan agama adalah agama, yang harus tahu batas-batasnya. Jika seni dimasuki agama, maka akan hancurlah kesenian. Itulah logika yang dikembangkan dalam seni sekuler.

Ketika kasus Inul bergulir kencang, seorang aktivis Islam Liberal menulis epilog dalam buku “Mengebor Kemunafikan”:  “Agama tidak bisa “seenak udelnya” sendiri masuk ke dalam bidang-bidang itu (kesenian dan kebebasan berekspresi) dan memaksakan sendiri
standarnya kepada masyarakat…Agama hendaknya tahu batas-batasnya.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dengan logika semacam itu, maka tentu saja, kasus-kasus asusila yang mengatasnamakan seni –seperti dilakukan Anjasmara– merupakan wilayah yang tidak boleh dimasuki oleh agama. Tapi, bukankah Anjasmara adalah Muslim? Apakah dia tidak boleh membawa nilai-nilai agamanya saat ia berpose telanjang?

Kita kasihan pada Anjasmara. Dia menjadi korban dari ketidaktahuannya tentang agama, artau mendapat informasi yang salah tentang agama. Sayangnya, dia kemudian membela diri, dengan menyatakan, bahwa perbuatannya adalah benar.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Jadi, salahnya dua kali: menyebarkan foto-foto telanjangnya, dan sekaligus membenarkan perbuatan yang salah. Tindakan kedua ini lebih berat salahnya. Jika opini Anjas mempengaruhi orang lain, maka dia juga akan ikut menanggung dosa orang yang terpengaruh oleh pemikiran-pemikirannya.

Mudah-mudahan Anjasmara mau segera mengaku bersalah, menyesal, dan bertobat.

Tapi, jika direnungkan lebih mendalam, kasus Anjas hanyalah sebagian kecil dari problem besar dalam persoalan pornografi dan pornoaksi di Indonesia. Fatwa MUI tentang pornografi dan pornoaksi yang dikeluarkan tahun 2001 tidak digubris oleh media-media massa yang tergiur untuk meraup keuntungan besar melalui penayangan pornografi.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam fatwanya tentang pornografi dan pornoaksi, MUI memberikan definisi dan hukum yang jelas tentang kedua bentuk kejahatan itu.

Diantaranya, MUI memutuskan, Pertama, bahwa menggambarkan secara langsung atau tidak langsung tingkah laku secara erotis, baik dengan lukisan, gambar, tulisan, suara, reklame, iklan, maupun ucapan; baik melalui media cetak maupun elektronik yang dapat mengakibatkan nafsu birahi adalah haram.

Kedua, membiarkan aurat terbuka dan atau berpakaian ketat atau tembus pandang dengan maksud untuk diambil gambarnya, baik untuk dicetak maupun divisualisasikan adalah haram.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Ketiga, melakukan penggambilan gambar sebagaimana dimaksud pada langkah 2 adalah haram.

Keempat, melakukan hubungan seksual atau adegan seksual di hadapan orang, melakukan pengambilan gambar hubungan seksual atau adegan seksual baik terhadap diri sendiri ataupun orang lain dan melihat hubungan seksual atau adegan seksual adalah haram.

Kelima, memperbanyak, mengedarkan, menjual, maupun membeli dan melihat atau memperhatikan gambar orang, baik cetak atau visual yang terbuka auratnya atau berpakaian ketat tembus pandang yang dapat membangkitkan nafsu birahi, atau gambar hubungan seksual adalah haram;

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Keenam, berbuat intim atau berdua-duaan (khalwat) antara laki-laki dengan perempuan yang bukan mahramnya, dan perbuatan sejenis lainnya yang mendekati dan atau mendorong melakukan hubungan seksual di luar pernikahan, adalah haram;

Ketujuh, memperlihatkan aurat yakni bagian tubuh antara pusar dan lutut bagi
laki-laki serta seluruh tubuh wanita kecuali muka, telapak tangan dan telapak kaki adalah haram, kecuali dalam hal-hal yang dibenarkan secara syar’i;

Kedelapan, memakai pakaian tembus pandang atau ketat yang dapat memperlihatkan lekuk tubuh adalah haram.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Tampak, bahwa fatwa MUI tentang pornografi dan pornoaksi sangat jelas dan rinci. MUI mengutip banyak ayat al-Quran dan sabda Nabi Muhammad saw yang menekankan pentingnya masalah menjaga aurat dan pakaian.

Seperti hadits Nabi saw: “Ada dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku lihat; (1) sekelompok orang yang memegang cambuk seperti ekor sapi; dengan cambuk-cambuk itu mereka memukuli orang, dan (2) kaum perempuan yang berpakaian (seperti) telanjang, berjalan lenggak-lenggok, menggoda, kepala merreka bersanggul besar dibalut laksana punuk unta; mereka ini tidak akan masuk sorga dan tidak dapat mencium harumnya, padahal keharuman sorga dapat tercium dari jarak sekian.” (HR Muslim).

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Fatwa MUI itu kemudian diupayakan untuk menjadi Undang-undang tentang pornografi dan pornoaksi. Maka, kaum liberal bereaksi keras. Jaringan Islam Liberal, misalnya, pada 28 Juni 2005 menurunkan wawancara dengan aktivis perempuan, Dra. Myra Diarsi, MA. Wawancara diberi judul “RUU Anti Pornografi & Pornoaksi Mubazir.”  Berikut ini petikan wawancaranya:

NOVRIANTONI: Orang yang menyuarakan soal moral selalu merasa tidak mungkin memperjuangkan moral tanpa regulasi pornografi dan pornoaksi itu sendiri.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

MYRA: Kalau regulasi, saya kira tujuannya berbeda. Regulasi menyangkut juga soal pajak dan pengaturanya akan bagaimana. Itu berbeda dengan mengatur moral. Regulasi VCD/DVD porno dan produk tehnologi canggih lain, itu lain soal. Tapi di sini yang mau diatur adalah keseluruhan aspek yang dianggap pornografi dan pornoaksi itu sendiri. Peredaran DVD porno menurut saya memang perlu dipersoalkan dan diregulasi. Itu hal yang berbeda dengan meregulasi pakaian apa yang perlu dipakai perempuan; menonjolkan pantat dan dada atau tidak, dan lain sebagainya.

Sebagai perempuan, pantat, buah dada, dan beberapa organ tubuh kami memang sudah menonjol. Lalu mau diapain? Masak dilarang menonjol!

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

NOVRIANTONI: Kalau RUU ini disahkan, anak-anak UI, Trisakti, dll, mungkin bisa terjerat, karena banyak yang “berpakaian menonjol”, ya?

MYRA: Tidak hanya mahasiswi, tentara saja seharusnya terjerat karena mereka menonjolkan bagian dada dan pantatnya dengan pakaian ketat. Orang-orang yang bagian pinggulnya cenderung menonjol kan kasihan juga!

Itu kan bukan kehendak mereka. Lagi pula, apa yang dijadikan masalah kalau hanya menyangkut soal pakaian yang melekat di tubuh. Saya kira, tidak ada yang dirugikan dari itu. Kalau sekelompok perempuan dijadikan komoditi, dieksploitasi secara seksual,
kemudian dijual-belikan, itu jelas ada unsur pelanggaran hak asasi manusianya. Tapi ini soal orang mau memakai apa. Apakah juga mesti diatur?

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

NOVRIANTONI: Bagi Anda, soalnya apakah pornografi dan pornoaksi bersifat eksploitatif atau tidak?

MYRA: Ya, karena definisi atau batasan pornografi dalam RUU ini memang tidak jelas. Karena itulah kelompok-kelompok perempuan yang progresif tidak bisa mendukung.

Kita justru melihat, kecenderungan yang lebih kuat RUU ini justu hendak menjerat  orang-orang—dalam hal ini perempuan—yang justru rentan. Di RUU ini misalnya tercantum, “setiap orang dilarang mempertontonkan dan/atau mengeksploitasi pantat di muka umum”. Bagaimana membatasi definisi mempertontonkan itu? Apakah berpakaian ketat juga akan dijerat?

Demikian petikan wawancara dengan Myra Diarsi.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dari wawancara itu kita bisa melihat, bagaimana cara pandang kaum liberal terhadap masalah pakaian dan pornografi. Mereka merasa bahwa tubuh mereka adalah milik mereka sendiri, dan karena itu, mereka boleh saja berpakaian apa saja, tanpa batasan aturan agama.

Inilah konsep kebebasan yang tidak sama dengan konsep ‘ikhtiyar’ dalam Islam. Yakni, bahwa manusia, sebagai hamba al-Khaliq, sudah seharusnya mengakui, bahwa tubuhnya, dirinya, dan semua yang dimilikinya adalah ciptaan dan amanah Allah. Sebagai amanah, maka semua itu harus diperlakukan sesuai dengan ajaran Allah SWT.

Karena aturan Allah itu begitu jelas dan gamblang, maka tidak sulit untuk menjadikannya buat semua manusia, khususnya yang mengaku Muslim.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Mengapa perlu Undang-undang? Di dunia Barat sendiri, masalah pakaian juga diatur.  Di Inggris, misalnya, orang yang berdemonstrasi sambil bertelanjang bulat, ditangkap polisi. Ada aturan tentang pakaian di muka umum.

Jadi, masalahnya, bukan ada atau tidaknya aturan atau regulasi tentang pakaian dan aksi porno. Tapi, dimana letak batasannya. Dalam hal inilah bisa terjadi perbedaan antar konsep pada tiap agama dan budaya/peradaban.

Islam menetapkan batas yang tetap tentang aurat. Mana yang boleh dibuka, dan mana yang tidak boleh dibuka dan dipertontonkan di muka umum. Islam tidak menganut prinsip batasan “public decency” (kepantasan umum) sebagai batas aurat. Menurut mereka, batas aurat adalah relatif, tergantung situasi dan kondisi.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Di sebagian daerah pedalaman, maka pakaian yang halal adalah “koteka”. Di kolam renang – meskipun ditonton banyak orang – pakain renang adalah bentuk pakaian yang sah dan bernilai ibadah.

Di kontes ratu kecantikan, maka bikini adalah pakaian yang dihormati dan diwajibkan. Di kontes kecantikan internasional, jilbab wajib dilepas, dan pada sesi tertentu, wajib berpakain bikini. Kabarnya, dalam sejumlah acara klub nudis di Jakarta, mereka juga membuat peraturan, bahwa semua orang yang hadir wajib telanjang bulat.

Jadi, pada akhirnya, kasus Anjasmara, kasus Inul, dan berbagai kasus pornografi dan pornoaksi lainnya, terletak pada cara pandang seseorang tentang dirinya, tentang Tuhan, dan tentang alam (worldview).

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Para ulama sudah berusaha menunjukkan tentang aturan-aturan Tuhan yang seyogyanya dihormati manusia. Jika banyak yang menentangnya, itu bukan hal yang mengherankan.

Sejak dulu, selalu ada penentang konsep-konsep ketuhanan yang dibawa oleh para Nabi, utusan Allah.

Kaum Nabi Luth, sebelum diazab oleh Allah SWT, juga mengejek dan menertawakan larangan Nabi Luth terhadap praktik homoseksual. Bahkan, akhirnya Nabi Luth sendiri terdesak.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Kaum Nabi Ibrahim malah membakar dan mengusir Ibrahim a.s. Jadi, jangan heran, jika selalu banyak manusia yang menentang dan menertawakan ajaran para Nabi. Bahkan, seringkali, para penentang ajaran Nabi itu adalah kaum cendekiawan yang menggunakan
kata-kata yang canggih dan indah dengan tujuan menipu dan menyesatkan umat manusia.

Allah SWT berfirman: “Dan demikianlah, Kami jadikan untuk setiap Nabi itu,  musuh yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” (QS al-An’am:112). Wallahu a’lam. (Jakarta, 30 September 2005)

Catatan Akhir Pekan (CAP) Adian Husaini merupakan hasil kerjasama Radio Dakta FM dan http://www.hidayatullah.com

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

“Pendukung Nurcholish Madjid Mengamuk”

Senin, 26 September 2005
Pengikut setia Nurcholish Madjid ‘mengamuk’ gara-gara membaca Catatan Akhir Pekan (CAP) saya tentang Nurcholish Madjid. Ia menulis  “Adian Husaini: dendam tiada ujung”. Baca CAP Adian Husaini ke-116

Senin, 26 September 2005

Oleh: Adian Husaini

Seorang pengikut setia Nurcholish Madjid ‘mengamuk’ gara-gara membaca Catatan Akhir Pekan (CAP) saya di http://www.hidayatullah.com tentang Nurcholish Madjid. Orang yang mengaku bernama Elza Peldi Taher ini menulis sebuah email dan disebarluaskan kemana-mana, dengan judul  “Adian Husaini: dendam tiada ujung”.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Berikut ini kutipan isi tulisan pendukung Nurcholish Madjid tersebut:

“Meninggalnya Cak Nur rupanya membuat iri dan jengkel  Adian Husaini. Iri karena Cak Nur pergi dengan “husnul Khatimah”, dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata, mendapat simpati yang luar biasa dari masyarakat dan liputan yang luar  biasa dari semua media. Ketika jenazah Cak Nur sudah sampai di tempat pemakaman Kalibata, hampir separuh pengiringnya belum beranjak dari Universitas Paramadina, tempat jenazah Cak Nur  disemayamkan. Hal ini menunjukkan pengakuan  besarnya simpati pada Cak Nur. Adian juga amat jengkel karena sampai akhir hayatnya Cak Nur yang dimatanya sesat dan antek zionis itu tetap konsisten, tak mau mencabut pernyataannya yang sesat dan menganggu iman umat Islam itu,  meski menjelang kematiannya mereka mengirim utusan meminta Cak Nur untuk bertobat.   Adalah wajar, sebagai pengiritik Cak Nur paling konsisten, Adian dan kelompoknya tidak rela melihat orang yang mereka benci dipuji banyak orang.  Adian bagaikan hakim yang geram melihat  Cak Nur–terpidana dan penghianat—meninggal dengan “husnul Khatimah” sementara ia belum mengakui kesalahannya, belum mendapat hukumannya di dunia.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Membaca tulisan emosional seperti itu kita sungguh merasa kasihan. Seorang yang dicitrakan sebagai cendekiawan besar justru dikultuskan dan dimitoskan oleh pendukungnya, tanpa dasar-dasar ilmiah yang kuat.

Dalam mengkritik pemikiran-pemikiran Nurcholish Madjid kita tidak ada urusan dengan masalah dendam dan iri hati. Banyak tokoh Islam menolak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, dan berpesan kepada keluarganya agar – jika meninggal – ia dimakamkan di pemakaman biasa bersama jenazah kaum Muslim yang lainnya. Dimakamkan di TMP bukan jaminan sebagai orang bersih dan terhormat secara hakiki. Ada koruptor dan penindas umat Islam Indonesia juga dimakamkan di situ. Jadi, tidak perlu iri dan dendam soal tempat pemakaman tersebut.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Lagi pula, mengapa kritik dan perbedaan pendapat dicap sebagai “dendam tiada ujung”? Soal banyaknya orang yang bersimpati dengan Nurcholish Madjid, itu sudah hal yang wajar. Sebab, dia adalah figur publik. Ia tokoh terkenal.

Ketika Elvis Presley dan John Lennon meninggal juga berjuta orang meratapi kepergiannya. Lady Di pun begitu. Jutaan orang di seluruh menaruh simpati. Malah banyak yang histeris, seperti kehilangan tokoh hebat. Ini semua adalah bagian dari arus budaya global yang tidak  lepas dari peran media massa. Jadi, banyaknya publik yang bersimpati tidak dapat dijadikan ukuran apakah seseorang “khusnul khatimah” atau tidak. Masalah “khusnul khatimah” atau tidak ini kita serahkan kepada Allah SWT.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Banyak para pejuang Islam, para Ustad yang gigih mengajar mengaji di pesolok-pelosok pedalaman, meninggal tanpa banyak orang tahu. Hanya dia, keluarganya, dan beberapa orang saja yang tahu dan menguburkannya. Tidak ada sorotan kamera, tidak ada penghargaan dari pemerintah.

Tetapi, bukan berarti para guru ngaji yang ikhlas itu nilainya lebih rendah daripada John Lennon yang terkenal.  Sekali lagi, dalam memberikan kritik-kritik terhadap pemikiran Nurcholish Madjid, kita tidak menaruh dendam atau iri hati.

Kita ingin menyadarkan para pengagum pemikiran-pemikiran keagamaan Nurcholish Madjid, bahwa banyak diantara pemikirannya yang tidak benar, keliru, dan bahkan berbahaya. Tidak semua pemikirannya baik dan membawa maslahat.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Pemikiran Nurcholish Madjid tentang sekularisasi dan pluralisme agama bukanlah pemikiran yang membawa maslahat, tetapi justru membawa kerusakan. Itu kita sampaikan dengan hujjah-hujjah dan bukti-bukti yang jelas, agar para pemuja Nurcholish sadar dan bertobat. Sebab, ada usaha-usaha serius untuk menjadikan pemikiran keagamaan Nurcholish Madjid sebagai pedoman hidup umat Islam.

Kita paham, ketika kita sampaikan hal tersebut, banyak orang yang terperanjat. Mengapa orang yang meninggal dibongkar-bongkar kesalahannya.

Bahkan ada yang menyatakan, kuburnya saja belum kering, kok kesalahannya dibongkar-bongkar. Cara berpikir seperti ini sungguh aneh. Sebab, pemikiran tidak mengenal waktu. Tokoh-tokoh sekular-liberal dalam sejarah Islam, seperti Musthafa Kemal Attaturk, adalah orang-orang yang sudah meninggal. Pemikiran tidak mengenal hidup atau mati, karena pemikiran disebarkan
terus tanpa batas lokasi dan waktu.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Si penulis surat itu juga mengatakan bahwa Nurcholish Madjid memang tidak perlu menganggapi kritik-kritik terhadapnya, karena Nurcholish terlalu tinggi levelnya dibandingkan para pengritiknya. Ia mengaku sudah membaca buku saya yang mengkritik Nurcholish Madjid, yaitu buku “Islam Liberal: Sejarah,  Konsepsi, Penyimpangan, dan Jawabannya.” (2002).

Ia menulis: “Saya sudah membaca buku itu (Islam Liberal.pen) dan saya berkesimpulan buku itu hanya seonggokan sampah yang tak perlu dibaca oleh siapa pun, karena isinya penuh dengan fitnah dan kebencian.”

Si penulis itu adalah salah satu contoh pemuja Nurcholish Madjid yang kehilangan nalar sehatnya. Ia gelap mata, karena ada yang berani mengkritik Nurcholish Madjid, tempatnya bergantung secara pemikiran.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Pada bab-2 buku “Islam Liberal” itu, saya menulis satu bab khusus berjudul: “Nurcholish Madjid: Lokomotif Yang Nyaris Dikultuskan”.

Buku ini saya tulis setelah saya berkesempatan berbicara dalam satu panel dengan Nurcholish Madjid dalam acara diskusi di Yayasan Aksara Jakarta, pada 31 Januari 2002. Pembicara lain ialah Syafii Maarif, Ja’far Umar Thalib, dan Ulil Abshar Abdalla. Banyak lontaran-lontaran pendapat Nurcholish yang kemudian memicu saya untuk mengecek langsung ke sumber-sumber yang ditunjuknya.

Di bab inilah saya paparkan banyak kesalahan, kelemahan,  dan ketidakjujuran beberapa tulisan Nurcholish Madjid dalam berbagai bukunya.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Semua kutipan tulisan Nurcholish Madjid saya cantumkan rujukannya. Jelas. Gamblang. Buku ini pun saya kirimkan ke Nurcholish Madjid. Beberapa bulan  kemudian, saya juga datang ke Paramadina memenuhi undangan dari Fakultas Agama dan Filsafat. Tidak ada fitnah dan tidak ada kebencian di situ.

Si penulis surat elektronik itu lupa, bahwa pada tahun 1972, penerbit Bulan Bintang Jakarta sudah menerbitkan buku Prof. HM Rasjidi berjudul Koreksi terhadap Drs. Nurcholis Madjid tentang Sekularisasi.

Buku Rasjidi ini sangat menarik dan ilmiah, meskipun Rasjidi mengakui sebenarnya enggan memberikan tanggapan secara terbuka kepada Nurcholish.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam pengantar bukunya, ia semula merasa tidak perlu ikut berpolemik, karena lebih suka mengutamakan pendekatan secara personal dan persaudaraan serta dalam kalangan terbatas, sehingga dapat menghasilkan konklusi yang tepat dengan tidak menghebohkan masyarakat yang sebagian besar tidak dapat mengikuti argumentasi serta menyelami bidang perbedaan pendapat. Ia mengaku telah tiga kali menyampaikan pesan itu kepada Nurcholish, melalui teman-temannya. Namun, harapan Prof. Rasjidi tidak mendapat tanggapan.

Ia menulis dalam bukunya dengan nada prihatin terhadap ulah anak muda itu: “Soal yang begitu prinsipil tidak sepatutnya dilancarkan kepada umum sebelum ada diskusi yang matang di kalangan orang-orang yang merasa bertanggung jawab.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Itulah sepenggal kisah sosok Nurcholish Madjid saat diberi nasehat oleh seorang ilmuwan besar seperti Prof. Rasjidi. Ketika itu, Nurcholish bukanlah “apa-apa” dibanding Rasjidi. Tetapi, nasehat Rasjidi tidak digubris dan dibiarkan saja berlalu. Sebenarnya bisa dipahami jika harapan Rasjidi untuk mengerem laju sekularisasi Nurcholish akan sia-sia, sebab kemunculan Nurcholish Madjid bukanlah satu fenomena tunggal.

Ia bisa dikatakan sebagai bagian dari rekayasa besar upaya proses sekularisasi dunia Islam. Dalam proyek besar ini, Nurcholish bukanlah “sutradara”, ia memang pemain yang telah dipilih untuk menjalankan perannya sebagai aktor dan agen yang handal untuk melakukan apa yang disebut sebagai “sekularisasi” atau “pembaruan Islam”, agar Islam sesuai dan sejalan dengan semangat
kemodernan.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Karena itu, wajar, jika Nurcholish dan “sutradara” di belakangnya tidak terlalu mempedulikan kritik. Justru, kritik dan kecaman diolah menjadi bahan pemacu melesatkan namanya sebagai “tokoh besar” dalam tataran opini di media massa, baik dalam tataran nasional maupun global.

Soal istilah “sekularisasi” itu sendiri, misalnya,  telah menimbulkan polemik keras sejak diluncurkan oleh Nurcholish Madjid pada 2 Januari 1970. Ketika itu, dalam diskusi yang diadakan oleh HMI, PII, GPI, dan Persami, di Menteng Raya 58, Nurcholish Madjid Nurcholish Madjid  menyatakan: “… dengan sekularisasi tidaklah dimaksudkan penerapan sekularisme dan merobah kaum muslimin menjadi kaum sekularis.  Tapi dimaksudkan untuk menduniakan nilai-nilai yang sudah semestinya bersifat duniawi dan melepaskan ummat Islam dari kecenderungan untuk mengukhrowikannya.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam bukunya, Prof. HM Rasjidi mengritik keras cara-cara Nurcholish dalam menggunakan istilah yang dapat menimbulkan pengertian yang menyesatkan di kalangan muslim. Dengan mengampanyekan “sekularisasi”, Menurut Rasjidi, Nurcholish Madjid melukiskan seolah-olah Islam memerintahkan sekularisasi dalam arti Tauhid.

Kata Prof. Rasjidi: “Kalau soalnya seperti yang dituturkan Saudara Nurcholish, maka segala sesuatu telah menjadi arbitrair atau semau gue. Secara ekstrim boleh saja kata sekularisasi tersebut diganti dengan pisang goreng, atau kopi jahe atau es jahe dan sebagainya dengan tidak ada konsekuensi apa-apa. Kalau saya berkata, yang saya maksud dengan pisang goreng adalah
sikap manusia yang mengesakan Tuhan dan menganggap benda-benda lain tidak layak dipuja, maka tak seorang pun berhak melarang saya berbuat demikian. Mereka hanya ketawa dalam hati mereka, karena keanehan istilah tersebut.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Rasjidi juga menjelaskan sejarah pertumbuhan paham sekularisme dan proses sekularisasi di Barat. Sebagai ilmuwan sejati, Rasjidi berusaha berdisiplin dalam menggunakan istilah. Bahkan, ia mengutip pendapat Alan Richardson dalam bukunya “Religion in Contemporary Debate”, yang menyatakan, bahwa  “Saya lebih suka mengatakan bahwa tujuan agama Kristen adalah untuk menghilangkan bidang sekuler, sehingga tak ada bidang kehidupan yang berada di luar kuasa Kristus.” (dalam bukunya, Rasjidi menerjemahkan frasa “The Sovereign lordship of Christ”  dengan “kuasa (Nabi) Isa”).

Bagi para ilmuwan, kedisiplinan dalam penggunaan istilah adalah hal yang prinsip. Sebab, satu istilah yang sudah dikenal secara luas di kalangan ilmuwan,  tidak mudah begitu saja diubah, tanpa ada teori baru yang kuat.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Istilah sekularisasi merupakan istilah yang ‘mapan’ dan tidak bisa begitu saja digunakan secara serampangan. Apalagi, istilah yang muncul dalam latar belakang tradisi Kristen-Barat itu kemudian dicangkokkan begitu saja ke dalam khazanah tradisi Islam. Cangkok mencangkok satu istilah – tanpa melalui proses adopsi dan adapsi yang tepat – akan menimbulkan dampak yang fatal.

Masing-masing peradaban memiliki konsep-konsep khas yang disimbolkan dalam istilah-istilah yang khas pula. Istilah “syahadat”, “taqwa”, “sholeh”, “salaf”, “tajdid”, dan sebagainya merupakan istilah yang khas dalam khazanah peradaban Islam. Seorang yang masuk agama Kristen tidak bisa dikatakan telah “disyahadatkan” secara Kristen.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

George W. Bush yang disebut-sebut sebagai seorang Kristen puritan dan taat, tidak bisa dikatakan sebagai seorang Kristen salafi dan sholeh.

Begitu juga sebaliknya, masuknya istilah-istilah asing yang aneh dalam tradisi Islam bisa menjadi satu upaya pencangkokan yang sembrono, yang dapat mengacak-acak bangunan pemikiran Islam. Misalnya, sebutan “sekularisasi Islam”, “liberalisasi Islam”, “Islam fundamentalis”, “reformasi Islam”, dan sebagainya.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Pencangkokan istilah “sekularisasi” oleh Nurcholish Madjid untuk Islam itulah yang sejak tahun 1970-an dulu sudah dikritik oleh Prof. Rasjidi. Dan Nurcholish tidak mempedulikan nasehat para tokoh dan orang tua ketika itu. Wallahu a’lam. (Jakarta, 23 September 2005).

Catatan Akhir Pekan (CAP) Adian Husaini berkat kerjasama Radio Dakta 107 FM dan http://www.hidayatullah.com. Catatan ini disiarkan di radio Dakta dan dimuat di http://www.hidayatullah.com

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

“Menyambut Ensiklopedi Nurcholish Madjid”

Minggu, 18 September 2005
Pasca meninggalnya Nurcholish, lahir “Ensiklopedi Nurcholish Madjid”. Kita berharap tak berisi koor pujian dan kultus yang akan “sama bahayanya dengan narkotika”. Baca Catatan Akhir Pekan Adian  ke-115

Ahad, 18 September 2005

Oleh: Adian Husaini

Tampaknya, berbagai prosesi, upacara, pemberitaan media massa, seputar wafatnya Nurcholish Madjid pada 29 Agustus 2005 lalu, benar-benar  dijadikan momentum untuk memberikan legitimasi terhadap pemikiran Nurcholish Madjid. Bahwa, Nurcholish Madjid adalah sosok pemikir hebat yang pemikiran-pemikirannya, termasuk pemikirannya di bidang keagamaan patut dijadikan sebagai rujukan dan panutan oleh umat Islam Indonesia.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Seorang murid Nurcholish menuliskan kekagumannya terhadap gurunya ini di sebuah majalah: “Untuk tahu kehebatan Cak Nur, kita perlu tahu pikiran-pikiran yang tersimpan dalam memori Cak Nur. Maka, direncanakanlah sebuah proyek besar mendokumentasikan pikirannya, yang kemudian menghasilkan ensiklopedi besar Nurcholish Madjid, setebal 3.600 halaman, dalam empat jilid, yang insya Allah akan diluncurkan pada peringatan 100 hari wafatnya.”

Jadi, tidak lama lagi, umat Islam Indonesia, dan juga bangsa Indonesia akan disuguhi sebuah buku tebal tentang Nurcholish Madjid. Untuk menyambut buku Ensiklopedi Nurcholish itu, dan juga mengimbangi berbagai pemikiran yang telah disebarkan oleh para pengagum Nurcholish Madjid, saya menulis sebuah buku berjudul “Nurcholish Madjid: Kontroversi Kematian dan Pemikirannya”. Buku ini diluncurkan pada 18 September 2005 di Pesantren Husnayain.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Ketika saya sampaikan rencana peluncuran buku ini, seorang tokoh Islam menyatakan, “Mengapa orang yang sudah mati kita bahas?” Ada lagi yang mengirim email kepada saya “aib saudara kita yang meninggal jangan diungkit-ungkit lagi”. Dan sebagainya.

Kita patut prihatin dengan komentar-komentar seperti itu, sebab itu menunjukkan kekacauan dan kerancuan dalam berpikir.

Tetapi, dalam kasus Nurcholish Madjid, kita bisa memahami mengapa  hal itu dapat terjadi, karena begitu hebatnya rekayasa opini yang dibuat untuk memunculkan ketokohan Nurcholish Madjid –sebagaimana kasus meninggalnya Lady Diana, pada 31 Agustus 1997.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Ketika itu, umat manusia bagaikan tersihir dengan sosok Lady Di, karena adanya siaran
langsung kematian Lady Di selama 7 jam ke 187 negara.

Karena rekayasa opini itulah, sampai-sampai seorang khatib Jumat di salah satu Madjid di Rawamangun, pada 12 September 1997, memasukkan doa untuk Lady dalam khutbahnya.

Selain itu, memang jarang sekali orang yang mau membaca buku-buku yang memuat tulisan dan pemikiran Nurcholish Madjid. Kebanyakan hanya mengenal Nurcholish Madjid dari media massa atau cerita dari mulut ke mulut. Bahkan, ada yang enggan membaca jika ada kritik terhadap Nurcholish, karena sudah menganggap Nurcholish sebagai orang hebat tanpa cacat dalam pemikiran.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Kita berharap, “Ensiklopedi Nurcholish Madjid” yang akan diterbitkan itu bukan hanya berisi koor pujian-pujian dan kultus yang telah dikatakan oleh Nurcholish sendiri sebagai “sama bahayanya dengan narkotika”.

Ensiklopedi itu hendaklah memuat kritik-kritik dan dengan jujur berani membongkar  kesalahan, kelemahan, dan kerusakan beberapa pemikiran keagamaan Nurcholish Madjid.

Tujuannya tidak lain, agar Nurcholish Madjid kita tempatkan secara adil, sesuai dengan “maqamnya”, sesuai dengan tempat yang selayaknya. Kucing harus kita katakan sebagai kucing.  Jangan dikatakan sebagai singa atau ayam.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Jika kita cermati beberapa pemikiran keagamaan Nurcholish Madjid, kita akan menemukan sejumlah masalah yang serius dalam pemikiran Islam. Kita bisa membaca sebuah buku berjudul “Dekonstruksi Islam Mazhab Ciputat”. “Dekonstruksi”, dalam bahasa populer adalah “penghancuran”. Buku ini diberi kata pengantar oleh Dawam Rahardjo. Di sini ada tulisan Nurcholish Madjid, Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, dan sebagainya.

Editornya menulis pengantar untuk buku ini: “Berkaitan dengan tulisan para intelektual Ciputat dalam buku ini, yang memberi nuansa baru dalam wacana Islam di Indonesia, bisa diatakan sebagai usaha pendekonstruksian – dalam arti yang lunak – wacana keislaman yang selama ini dianggap baku.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Namun, dekonstruksi yang dilakukan, sepertinya bukan untuk  menihilkannya, melainkan untuk menuju apa yang disebut Komaruddin Hidayat sebagai rekonstruksi koseptual dan
pendakian rohani menuju Realitas Absolut.  Dan gerbong yang menarik upaya pendekonstruksian dari barak Ciputat, lahir dari sosok intelektual yang benama Nurcholish Madjid.”

Bagian pertama buku ini menampilkan kembali makalah Nurcholish Madjid berjudul “Beberapa Renungan Kehidupan Keagamaan untuk Generasi Mendatang” yang dibacakan di TIM, 21 Oktober 1992.

Jika dicermati, melalui makalah ini, Nurcholish memang melakukan dekonstruksi terhadap istilah-istilah kunci dalam Islam, seperti makna “Islam”, “Ahlul Kitab”, dan sebagainya. Makna “Islam”, oleh Nurcholish dibawa ke makna generik sebagai “sikap pasrah”.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Ditulisnya:  “Pencarian Kebenaran secara murni dan tulus akan dengan sendirinya menghasilkan sikap pasrah (perkataan Arab Islam dalam makna generiknya) kepada Kebenaran itu. Tanpa sikap pasrah itu maka pencarian Kebenaran dan orientasi kepadanya akan tidak memiliki kesejatian dan otentisitasnya, dan tidak pula akan membawa kebahagiaan yang dicari.

Sehingga, sebagai pandangan hidup, mencari Kebenaran tanpa kesediaan pasrah kepada-Nya juga bersifat palsu, dan ditolak oleh Kebenaran itu sendiri. Karena itu ditegaskan bahwa sikap tunduk yang benar (perkataan Arab din dalam makna generiknya) yang diakui Yang Maha Benar, yaitu Tuhan, ialah sikap pasrah kepada Kebenaran itu. Dan karena itu pula ditegaskan, bahwa barangsiapa mencari, sebagai sikap ketundukan, selain daripada sikap  pasrah kepada Kebenaran itu, maka pencariannya itu tidak akan berhasil, dan tidak akan membawa kebahagiaan abadi yang dikehendakinya.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Pada kutipan tersebut, Nurcholish tampak berupaya melakukan dekonstruksi terhadap makna “Islam” sebagai satu “nama agama”, dan menerjemahkan QS Ali Imran ayat 19 dan 85 dengan makna “generik”, yakni sikap pasrah atau tunduk kepada Tuhan. Sikap Nurcholish yang hanya berkutat pada makna generik dari kata “Islam”, adalah hal yang keliru. Sebab, “Islam” disamping memiliki makna bahasa (generik), juga memiliki makna khusus (ishtilahy) sebagai nama satu agama, yakni agama terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Ayat 19 dan 85 surat Ali Imran jelas-jelas menunjuk pada nama satu agama, yaitu agama Islam, bukan menunjuk pada “sikap pasrah”.

Makna “Islam” itu sendiri digambarkan oleh Nabi Muhammad saw dalam berbagai sabda beliau. Misalnya:  “Islam ditegakkan di atas lima hal: persaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, penegakan shalat, penunaian zakat, pelaksanaan haji ke Baitullah, dan shaum Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim).

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam pertimbangan untuk fatwa tentang “sipilis” (Sekularisme, Pluralisme Agama, dan  Liberalisme), MUI juga mencantumkan sebuah hadits Nabi saw: “Demi Dzat yang menguasai jiwa Muhammad, tidak ada seorang pun baik Yahudi maupun Nashrani yang mendengar tentang diriku dari Umat Islam ini, kemudian ia mati dan tidak beriman terhadap ajaran yang aku bawa kecuali ia akan menjadi penghuni neraka.” (HR Muslim)

Selama beratus tahun, kaum Muslim sangat mafhum, bahwa kaum di luar Islam, adalah kaum kafir. Untuk mereka ada berbagai status, seperti dhimmi, harbi, musta’man, atau mu’ahad. Al-Quran pun menggunakan sebutan “kafir ahl-Kitab” dan “kafir musyrik” (QS 98).

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Status mereka memang kafir, tetapi mereka tidak boleh dibunuh karena kekafirannya –sebagaimana dilakukan kaum Kristen Eropa terhadap kaum heretics – atau dipaksa memeluk Islam. Jadi, bangunan dan sistem Islam itu begitu jelas, bukan hanya dalam konsepsi teologis, tetapi juga konsepsi sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, peradaban, dan sebagainya. Misalnya, dalam hukum bidang perkawinan, sudah jelas, bahwa laki-laki kafir (non-Muslim) haram hukumnya dinikahkan dengan wanita muslimah. (QS 60:10).

Ide dekonstruksi makna Islam ini sebenarnya bukan ide asli Nurcholish Madjid, tetapi merupakan jiplakan dari gagasan Wilfred Cantwell Smith, yang menulis buku The Meaning and End of Religion  (Minneapolis: Fortress Press, 1991).

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Jawaban yang bagus terhadap konsepsi Islam versi Nurcholish Madjid juga sudah ditulis oleh Ahmad Husnan dalam bukunya Ilmiah  Intelektual dalam Sorotan, Solo: Ulul Albab Press, 1993).

Hujjah-hujjah yang dibangun Husnan sangat meyakinkan, bahwa kata “Islam” dalam QS Al-Maidah:3, Ali Imran: 19 dan 85, adalah dalam makna khusus (istilahy), yakni ‘Islam sebagai nama agama’ yang di bawa oleh Nabi Muhammad  saw. Tidak dapat dimaknai dengan makna etimologis, atau makna generik saja. Sayangnya, argumen-argumen yang bagus dari para pengritik ini tidak mendapat tanggapan dari Nurcholish Madjid.

Mengubah konsep dasar Islam (dekontsruksi makna Islam) menjadi sekedar “sikap pasrah”, bisa dikatakan sebuah korupsi yang serius. Bukan hanya korupsi harta, tetapi korupsi ilmu dan kebenaran. Korupsi agama, dalam pandangan Islam, merupakan pelanggaran berat.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Korupsi agama bermakna merusak konsep-konsep dasar  agama, yang akhirnya berdampak pada kekeliruan dan kesesatan banyak orang.

Dalam soal korupsi harta milik negara/masyarakat, Rasulullah saw dikenal sangat tegas. Bahkan, untuk orang yang sudah meninggal dunia sekali pun, kejahatannya dibongkar oleh Rasulullah saw.

Lazimnya, orang yang meninggal ditutupi aibnya. Tetapi, pelaku kejahatan seperti ini dikecualikan. Meskipun hanya sedikit sekali jumlah harta yang dikorupsi.

Dalam bukunya, Fiqih Prioritas, Yusuf Qaradhawi menceritakan  kisah seorang bernama Karkarah yang meninggal dalam jihad fi sabilillah. Rasulullah saw mengatakan, “Dia masuk neraka.”

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Setelah diteliti, ternyata Karkarah menyembunyikan baju mantel yang diambilnya dengan
curang.

Kisah lain juga terjadi pada seorang muslim yang meninggal dalam Perang Khaibar. Rasulullah saw menolak menshalatkan jenazahnya, dan mengatakan kepada para sahabat: “Shalatilah temanmu, sesungguhnya temanmu itu curang, mengambil harta hasil perang untuk dirinya sendiri, dalam perang fi sabilillah.” Setelah diperiksa jenazahnya, ternyata ia menyembunyikan barang perhiasan milik orang Yahudi yang nilainya tidak mencapai dua dirham.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Jika dalam soal korupsi harta ditegakkan hukum yang begitu tegas, maka Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya juga tidak main-main dan bersikap sangat tegas dalam menegakkan urusan agama.

Masalah agama menyangkut dunia dan akhirat, bukan hanya masalah dunia saja. Karena itu, Rasulullah saw tidak mentolerir penyimpangan atau korupsi dalam bidang aqidah dan syariah.

Ketika delegasi Tsaqif dari Thaif datang kepada Nabi saw dan menyatakan bersedia masuk Islam, dengan syarat, dibebaskan dari kewajiban shalat, maka dengan tegas Nabi saw menolaknya.

Sabda beliau saw,  “Sesungguhnya tidak ada kebaikan bagi agama yang tidak disertai shalat.” Jadi, tidak ada diskon dalam agama, tidak boleh ada korupsi,  untuk
masalah pokok seperti shalat.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq yang dikenal sebagai orang yang berhati sangat lembut, tidak ragu-ragu sedikit pun untuk memerangi pembangkang zakat. Begitu juga beliau tanpa ragu sedikit pun mengambil tindakan tegas terhadap nabi palsu Musailimah al-Kadzab.

Ketika delegasi sejumlah kabilah di sekitar Madinah datang kepada Abu Bakar r.a., dengan menyatakan, bahwa mereka akan menunaikan shalat tetapi tidak membayar zakat, maka Abu Bakar r.a. menjawab, “Demi Allah, orang yang keberatan menunaikan zakat kepadaku, akan kuperangi.”

Para ulama Islam sepanjang sejarah juga terus-menerus berusaha memerangi korupsi agama ini.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Dalam bidang hadits, hal ini tampak sekali, bagaimana para ulama tanpa segan-segan mengungkapkan aib dan kelemahan para perawi hadits. Secara umum, umat Islam diperintahkan agar menjaga dan menutup aib  saudaranya.

Tetapi, demi menjaga kemurnian hadits Nabi Muhammad saw, ada pengecualian untuk  mengungkap kelemahan para rawi.

Bahkan, semua ulama bersepakat tentang wajibnya mengungkap sifat para perawi, sifat baik atau sifat buruk.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Karena itu, dalam kitab-kitab “Jarh wa Ta’dil” kita dapatkan penggambaran sifat-sifat buruk perawi-perawi tertentu, seperti “tukang fitnah”, “jorok”, “pendusta”, “orang ini tidak perlu didengar ucapannya,” dan sebagainya. Nama-nama perawi tertentu beserta sifat buruknya itu akan terus dibaca oleh umat Islam dari generasi ke generasi, meskipun para perawi itu sudah meninggal dunia.
Sikap yang tegas seperti itu dilakukan oleh Rasulullah saw, para sahabat, para ulama, sepanjang zaman, untuk melindungi agama Islam dari korupsi ilmu.

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Tujuannya tidak lain agar konsep-konsep dasar agama ini tetap terpelihara dengan selamat. Sekali konsep-konsep dasar itu diubah, maka generasi berikutnya akan kehilangan jejak kebenaran dan keotentikan Islam.

Karena itu, menghadapi tantangan pemikiran yang hebat seperti sekarang ini, umat Islam – khususnya para cendekiawan dan ulamanya, perlu melakukan peningkatan kualitas pemikiran, sehingga mampu menjelaskan kepada masyarakat, mana pemikiran yang salah, dan mana yang benar; mana yang palsu dan mana yang asli; mana yang jujur dan mana yang korupsi. Wallahu a’lam. (Jakarta, 16 September 2005).

Catatan Akhir Pekan Adian Husaini adalah hasil kerjasama Radio Dakta 107 FM dan http://www.hidayatullah.com

==========================
sms cinta untuk kekasih – kumpulan sms-sms cinta romantis untuk pacar – koleksi sms cinta mesra untuk wanita (not here)
==========================

Satu Tanggapan

  1. bagi yg ingin menambah teman fb, curhat, konsultasi masalah agama, membaca status2 islami, silahkan add FB:

    dameyra@yahoo.com

    yani-imout@hotmail.com ,

    assalafy.abdullah@yahoo.co.id ,

    arios6home@gmail.com ,

    iz_chech@yahoo.com ,

    bagas_rara@yahoo.co.id ,

    ainuamri2@gmail.com ,

    dameyra@yahoo.com

    eone_cakep50@yahoo.com

    ===============================

    http://www.google.com

    http://www.google.co.id

    http://www.ainuamri.wordpress.com

    http://www.ainuamri.blogspot.com

    http://www.yahoo.com

    http://www.yahoo.co.id

    Jika Engkau ditanya “Dimana Allah?” Maka jawablah ” Allah berada di atas langit, di atas ‘Arasy, di atas seluruh makhluk-Nya, dan ilmu-Nya menjangkau semua tempat ” karena itulah Jawaban yang tepat dan sesuai dengan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.

Tinggalkan komentar