Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

“Ide Berbahaya Ketua ICMI”

Minggu, 08 Mei 2005
Sayyidina Umar menyatakan ada tiga hal yang membuat robohnya zaman. Salah satunya adalah tergelincirnya orang alim. Baca  Catatan Akhir Pekan Adian ke-98

Pada tanggal 3 Mei 2005, Salahuddin Wahid, ketua Majelis Pengurus Pusat ICMI, menulis sebuah artikel di Harian Republika berjudul “Pernikahan: Hukum Agama Vs Hukum Negara”. Artikel itu menanggapi tulisan saya tanggal 14 April 2005 di harian yang sama yang berjudul “Pernikahan Lintas Agama.”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Dalam tulisan tersebut, saya memang menanggapi tulisan Salahuddin Wahid berjudul “Perkawinan, Agama dan Negara” muncul di Republika (1/4). Ketika tulisan itu muncul, saya bersama-sama dengan teman-teman INSISTS sedang melakukan workshop di beberapa kota di Jawa. Karena yang menulis Salahuddin Wahid, yang saya kenal lama, maka saya merasa tidak perlu membacanya sampai detail. Selama ini, Salahuddin yang sering disapa Gus Solah, rajin mengkritik ide-ide sekularisme, termasuk ide-ide sekuler kakaknya sendiri, Abdurrahman Wahid. Dulu, saya sering bertemu dan berdiskusi dengan beliau, dan secara paralel melakukan kritik-kritik terhadap gagasan sekularisme.

Saya baru merasa ada yang aneh, ketika dalam perjalanan ke Yogyakarta, saya singgah di kantor http://www.hidayatullah.com  di Surabaya, dan membuka-buka email. Ternyata, ada seseorang yang men-forward tulisan Gus Solah itu ke email saya. Setelah saya cermati, saya cukup terkejut. Karena waktunya sempit, saya hanya menfokuskan pada satu hal, yaitu masalah pernikahan lintas agama, khususnya antara muslimah dengan laki-laki kafir (non-Muslim).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Pada artikel 1 April 2005, Gus Solah menulis: “Isu itu (pernikahan antar agama. Pen.) telah lama menjadi bahan perdebatan dalam sejarah Islam. Pada prinsipnya pandangan para ulama terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, melarang secara mutlak pernikahan antara Muslim dan non-Muslim baik yang tergolong musyrik maupun ahlul kitab. Larangan itu juga berlaku bagi perempuan maupun lelaki. Kedua, membolehkan secara bersyarat. Sejumlah ulama membolehkan pernikahan laki-laki muslim dengan perempuan non-Muslim dari kelompok ahlul kitab. Tetapi perempuan Muslim tidak boleh menikah dengan lelaki non-Muslim walaupun tergolong ahlul kitab. Pendapat ketiga, membolehkan pernikahan antara Muslim dan non-Muslim yang berlaku untuk perempuan dan lelaki Muslim.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Sejauh pengamatan saya, di Indonesia mayoritas termasuk kedalam kelompok kedua.”
Gus Solah tidak menyebutkan sumber tulisannya, dan saya menduga kuat, ia tidak melakukan riset sendiri tentang masalah ini. Belakangan, saya menemukan, ternyata Ketua ICMI ini menjiplak kategorisasi yang dibuat Musdah Mulia dalam bukunya “Muslimah Reformis” (2005, hal. 57).
Yang saya persoalkan dalam artikel 14 April lalu adalah kategorisasi ketiga, yaitu bahwa di kalangan ulama ada yang membolehkan perkawinan antara wanita muslimah dengan laki-laki non-Muslim. Gus Solah tidak menunjukkan, siapa ulama yang membolehkan hal itu. Ia  juga tidak menilai, sejauh mana validitas dan kekuatan argumentasinya. Sebagai cucu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan sempat menjadi ketua NU, harusnya Gus Solah merujuk kepada para ulama ahlu sunnah wal jamaah. Jika dia cermat, maka dia akan tahu, bahwa memang tidak pernah  ada perbedaan di antara ulama dalam masalah ini. Yang sejak lama menjadi ajang perdebatan adalah boleh atau tidaknya laki-laki muslim menikahi wanita ahlul kitab (Yahudi dan Kristen).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Gus Solah sendiri mengaku berpendapat bahwa muslimah haram menikah dengan laki-laki non-Muslim. Dia menulis: “Secara pribadi saya mengikuti pendapat bahwa menurut syariat Islam, Muslimah tidak boleh menikah dengan pria non-Muslim. Tetapi saya tidak setuju jika hukum negara secara eksplisit mengizinkan pernikahan semacam itu atau secara eksplisit melarangnya. Itu adalah wilayah hukum Islam yang mengandung perbedaan pendapat di antara umat Islam dan negara tidak perlu terlibat di dalamnya.”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Itulah anehnya pendapat tokoh cendekiawan Muslim ini. Gus Solah tetap ngotot bahwa dalam masalah ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan umat Islam, tanpa menunjukkan, siapa ulama yang membolehkan pernikahan semacam itu. Kalau soal beda pendapat, dalam semua masalah juga ada perbedaan pendapat di kalangan umat Islam. Hingga kini, banyak umat Islam yang mendukung pelacuran, perjudian, korupsi, dan sebagainya. Seorang cendekiawan Muslim, apalagi yang memimpin para cendekiawan Muslim, seyogyanya tidak boleh berpendapat seperti itu. Hanya karena melihat ada perbedaan pendapat, lalu perbedaan itu diterima sebagai fakta, tanpa menguji keabsahan perbedaan pendapat itu.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Islam sangat menghargai perbedaan. Tetapi, perlu dijelaskan, perbedaan itu terjadi dalam hal apa? Apakah perbedaan itu di lapangan al-shawab wal khatha’ atau di lapangan al-haq wal bathil? Apakah perbedaan dalam masalah dzanni atau dalam soal qath’iy.

Cendekiawan Muslim harusnya mengklirifikasi masalah ini, sebelum melontarkan pendapatnya ke masyarakat.  Perbedaan ijtihad di kalangan mujtahidin dalam soal-soal furuiyyah adalah rahmat. Tetapi, pendapat Aminah Wadud yang membolehkan wanita menjadi imam dan khathib salat Jumat di Gereja – dengan jamaah yang bercampur aduk antara laki-laki dan wanita dan sebagian wanita salat dengan tidak memakai jilbab – tidak termasuk hal yang rahmat. Meskipun Wadud adalah seorang profesor, tetapi pendapatnya ini keluar dari metodologi fiqih Islam.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Cendekiawan Muslim, baik ICMI  atau bukan, tentu bisa menilai bahwa pendapat Kiai Roy yang membolehkan salat dalam bahasa Indonesia bukanlah  rahmat. Pendapat Kemal Ataturk yang mengubah azan dalam bahasa Turki pun tidak patut diterima. Ketika ribut-ribut goyang ngebor Inul, ada juga kyai yang mendukung pertunjukan tarian erotis arsi dangdut asal Pasuruan dan meminta agar pertunjukan itu jalan terus. Apakah gara-gara pendapat sang kyai itu juga menjadi rahmat, sehingga negara tidak boleh campur tangan? Ketika ribut-ribut masalah undian olah raga Porkas dan SDSB, ada juga ulama yang berpendapat bahwa Porkas danb SDSB bukanlah judi. Apakah hanya karena ada pendapat ‘minoritas’ ulama yang mendukung Porkas dan SDSB, lalu negara tidak boleh melarang SDSB?

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Apakah karena ada Prof Wadud yang membolehkan wanita salat tanpa menutup aurat lalu hal itu menjadi halal? Imam Al-Syathibi dalam Kitab terkenalnya, al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah (ed. Muhd. Abd al-Qadir al-Fadili,  4:84), mencatat, bahwa “perbedaan dalam satu masalah, tidak menjadi hujah untuk  memperbolehkannya”. (al-khilaf fi al-masail laysa hujaj al-ibahah).

Selain tetap ngotot bahwa dalam masalah perkawinan muslimah dengan laki-laki kafir terjadi perbedaan pendapat di kalangan umat Islam, dalam artikel 3 Mei itu, Gus Solah, juga menegaskan, bahwa negara tidak patut melarang perkawinan Muslimah dengan pria non-Muslim dan harus menghormati pendapat minoritas umat Islam yang memperbolehkan pernikahan semacam itu, dengan cara memberikan kesempatan untuk mendaftarkan pernikahan mereka ke Kantor Catatan Sipil supaya pernikahan mereka sah menurut negara.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Kata Gus Solah: “Tetapi negara harus menghormati pendapat minoritas umat Islam yang memperbolehkan pernikahan semacam itu, dengan cara memberikan kesempatan untuk mendaftarkan pernikahan mereka ke Kantor Catatan Sipil supaya pernikahan mereka sah menurut negara. Untuk bisa melakukan itu tampaknya kita harus menunggu lahirnya UU Catatan Sipil yang mengatur keharusan untuk mencatat atau mendaftar semua pernikahan di Indonesia.”

Inilah ide berbahaya dari Ketua ICMI ini. Hanya gara-gara ada pendapat minoritas umat Islam yang membolehkan praktik perkawinan antara wanita muslimah dengan laki-laki kafir, maka negara dimintanya untuk mengesahkan perkawinan semacam itu. Sementara itu, dia sendiri mengaku tidak setuju dengan pendapat tersebut, dan menyatakan, bahwa perkawinan itu adalah haram.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Bukankah ini cara berpikir yang paradoks? Bukankah itu sama saja, dia meminta agar negara juga mengesahkan hal yang haram: seperti perkawinan homoseksual, perjudian, korupsi, dan sebagainya. Jika dia berpikir konsisten, bahwa perkawinan antara muslimah dan laki-laki kafir adalah salah, maka harusnya dia juga mendukung pelarangannya oleh negara. Bukan malah meminta negara mengesahkannya.

Sang Ketua ICMI mestinya menguji dulu, apakah pendapat yang membolehkan wanita muslimah menikah dengan laki-laki kafir itu, merupakan ide yang layak dipertimbangkan atau tidak dalam kajian bidang hukum Islam. Sebagai contoh, berikut ini argumentasi Musdah Mulia yang menyatakan, bahwa larangan perkawinan antara Muslimah dengan laki-laki non-Muslim sebagaimana disebutkan dalam QS Mumtahanah ayat 10 sudah tidak berlaku lagi.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Di tulis dalam buku Musdah Mulia itu: “Jika kita memahami konteks waktu turunnya ayat itu, larangan ini sangat wajar mengingat kaum kafir Quraisy sangat memusuhi Nabi dan pengikutnya. Waktu itu konteksnya adalah peperangan antara kaum Mukmin dan kaum kafir. Larangan melanggengkan hubungan dimaksudkan agar dapat diidentifikasi secara jelas mana musuh dan mana kawan. Karena itu, ayat ini harus dipahami secara kontekstual. Jika kondisi peperangan itu tidak ada lagi, maka larangan dimaksud tercabut dengan dengan sendirinya.” (hal. 63).

Argumentasi “kontekstual” itu sangatlah lemah dan keliru. Dengan logika semacam itu, maka ketika damai, seorang  Muslimah halal menikah dengan laki-laki kafir. Lalu, ketika perang, nikahnya jadi haram. Dan jika damai lagi, maka nikahnya halal lagi. Dengan logika itu, maka ketika meletus konflik islam-Kristen di Maluku, perkawinan Yuni Shara dengan Henry Siahaan haram. Lalu, setelah damai, perkawinan itu jadi halal lagi.  Apakah pendapat seperti ini – meskipun dikeluarkan seorang profesor– bertanggung jawab dan valid? Jelas tidak.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Sepanjang sejarah Islam, banyak kondisi dimana kaum Muslim tidak berperang dengan kaum kafir. Bahkan, selama 1200 tahun lebih, kaum Yahudi hidup damai di dalam wilayah Islam. Tetapi, selama itu pula para ulama tidak pernah berpikir, bahwa muslimah halal menikah dengan laki-laki Yahudi. Para Imam mazhab juga merumuskan pendapatnya di zaman damai. Mereka tidak berpendapat seperti Musdah Mulia ini.

Sebagai Muslim, kita mestinya bersyukur jika negara juga melarang hal-hal yang haram dalam Islam, seperti negara melarang pembunuhan, korupsi, mencuri, pornografi, perzinahan, perkawinan homoseksual, perusakan lingkungan, dan sebagainya. Karena kita yakin bahwa perkawinan antara muslimah dengan laki-laki non-Muslim adalah haram dan munkar, maka sebagai konsekuensi dari iman kita, kita harus mendukung,  jika negara juga melarang perkawinan semacam itu. Sebab, adalah aneh dan ajaib, jika kita berpendapat ‘kumpul kebo’ adalah haram, lalu kita justru mendukung negara kita  mengesahkan praktik ‘kumpul  kebo’. Na’udzubillahi min dzalika.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Semoga para cendekiawan Muslim kita tidak bersikap sembrono dalam masalah ajaran Islam. Jika tidak mengerti masalah hukum Islam, sebaiknya kita kembali kepada para ulama kita yang salih dan alim.  Tugas cendekiawan adalah menunjukkan mana yang benar dan mana yang salah. Cendekiawan Muslim sejatinya adalah ulama. Di pundak merekalah amanah risalah dibebankan, sebab mereka adalah “pewaris para Nabi”.

Jika para cendekiawan ini bersikap sembrono – apalagi dalam hukum agama – maka merekalah yang akan pertama kali diminta pertanggungjawaban di Hari Akhirat.  Di dalam kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam al-Ghazali mengutip ucapan Muadz bin Jabal r.a., “Hati-hatilah terhadap tergelincirnya orang alim karena ia besar nilainya di mata makhluk, lalu mereka mengikutinya atas ketergelinciran itu.”

Sayyidina Umar r.a. juga menyatakan, “Tiga hal yang dengannya robohlah zaman. Salah satunya ialah tergelincirnya orang alim.”   Semoga hal ini menjadi i’tibar bagi kita semua. Wallahu a’lam. (Jakarta, 6 Mei 2005).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Beramai-ramai Menghujat al-Quran

Jumat, 29 April 2005
Babak baru perkembangan liberalisme pemikiran adalah penghujatan Al-Qur’an. Seorang dosen IAIN bahkan menulis “Edisi Kritis al-Quran.” Baca CAP ke-97 Adian Husaini

Umat Islam Indonesia sekarang memasuki babak baru yang sangat menentukan masa depannya. Arus sekularisasi dan liberalisasi yang kini diusung dan digelindingkan sendiri oleh sejumlah tokoh, kampus, dan organisasi Islam, telah menemukan bentuknya yang mendekati apa yang terjadi di dunia Kristen. Gagasan liberalisasi yang ratusan tahun lalu digelindingkan di dunia Yahudi dan Kristen kini dipaksakan kepada Islam. Maka, apa yang selama ini tidak pernah terpikirkan oleh umat Islam, sekarang sudah mulai harus dipikirkan.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Salah satu isu penting yang digelindingkan kaum liberal adalah masalah isu otentisitas al-Quran. Kaum Liberal – yang menganut paham pluralisme agama – tampaknya tidak rela, kalau kaum Muslim masih saja mengklaim, hanya agamanya saja yang benar, dan hanya Kitab Sucinya (al-Quran) saja yang benar. Sesuai paham pluralisme agama, maka semua agama harus didudukkan pada posisi yang sejajar, sederajat, tidak boleh ada yang mengklaim lebih tinggi, lebih benar, atau paling benar sendiri. Begitu juga dengan pemahaman tentang Kitab Suci. Tidak boleh ada kelompok agama yang mengklaim hanya kitab sucinya saja yang suci.

Maka, proyek liberalisasi Islam tidak akan lengkap jika tidak menyentuh aspek kesucian al-Quran. Mereka berusaha keras untuk meruntuhkan keyakinan kaum Muslim, bahwa al-Quran adalah Kalamullah, bahwa al-Quran adalah satu-satunya Kitab Suci yang suci, bebas dari kesalahan. Mereka mengabaikan bukti-bukti al-Quran yang menjelaskan tentang otentisitas al-Quran, dan kekeliruan dari kitab-kitab agama lain.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Kata seorang yang aktif menjadi penyebar paham liberal di Indonesia: “Tapi, bagi saya, all scriptures are miracles, semua kitab suci adalah mukjizat. (Jawa Pos, 11 Jan. 2004).

Jadi, orang tersebut tidak mau mengakui bahwa al-Quran adalah satu-satunya Mukjizat yang masih tersisa di zaman akhir ini, yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Padahal, begitu banyak ayat al-Quran yang menjelaskan tentang otentisitas al-Quran dan tindakan kaum Yahudi dan Kristen yang telah mengubah kitab sucinya sendiri, sehingga menurut al-Quran, kitab suci mereka itu sekarang menjadi tidak suci lagi. Misalnya, Allah SWT berfirman: “Sebagian dari orang-orang Yahudi mengubah kalimat-kalimat dari tempatnya.” (An Nisa: 46)

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Juga firman-Nya: “Maka apakah kamu ingin sekali supaya mereka beriman karena seruanmu, padahal sebagian mereka ada yang mendengar firman Allah, lalu mengubahnya sesudah mereka memahaminya, sedangkan mereka mengetahuinya.” (al-Baqarah:75)

Dan firman-Nya: “Sungguh celakalah orang-orang yang menulis al-kitab dengan tangan mereka, lalu mereka katakan: “Ini adalah dari Allah.” (mereka lakukan itu) untuk mencari keuntungan sedikit. Sungguh celakalah mereka karena aktivitas mereka menulis kitab-kitab (yang mereka katakan dari Allah itu), dan sungguh celakalah mereka akibat tindakan mereka. (al-Baqarah:79)

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Itulah penjelasan al-Quran tentang kitab-kitab kaum Yahudi dan Kristen. Semestinya, sebagai orang yang mengaku Muslim, tentu ayat-ayat al-Quran itu menjadi pegangan hidup dan pedoman berpikirnya. Sebab, al-Quran adalah landasan utama keimanan seorang Muslim. Jika tidak mau mengakui kebenaran al-Quran, untuk apa mengaku Muslim! Konsistensi berpikir semacam ini sangat penting, sehingga tidak memunculkan kerancuan dan ketidakjujuran dalam beragama. Bagi kaum Kristen yang percaya Injil, tentu akan menolak al-Quran. Itu sudah normal dan wajar. Aneh, kalau seorang tetap mengaku Kristen, tetapi pada saat yang sama juga mengaku percaya kepada kenabian Muhammad saw dan kebenaran al-Quran.

Maka, adalah aneh dan keluar dari logika normal, kalau ada yang mengaku Muslim tetapi mengingkari kesucian al-Quran dan sekaligus juga mengimani kesucian kitab-kitab agama lain saat ini, yang sudah jelas-jelas banyak bagiannya bertentangan dengan al-Quran. Apalagi menyatakan bahwa semua kitab suci agama-agama lain adalah mukjizat. Sungguh pernyataan yang tidak masuk akal. Apakah Kitab Suci aliran kebatinan Darmo Gandul dan Gatholoco juga mukjizat?

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Tetapi, rupanya, para penyebar dan pengasong ide-ide liberalisme di kalangan kaum Muslim, tidak berhenti sampai di situ. Mereka kini aktif menulis berbagai buku dan artikel yang mencoba menggoyahkan keyakinan kaum Muslim terhadap kesucian al-Quran. Seorang dosen Ulumul Quran di satu IAIN di Indonesia menulis satu makalah berjudul “Edisi Kritis al-Quran”, yang isinya menyatakan: “Uraian dalam paragraf-paragraf berikut mencoba mengungkapkan secara ringkas proses pemantapan teks dan bacaan al-Qur’an, sembari menegaskan bahwa proses tersebut masih meninggalkan sejumlah masalah mendasar, baik dalam ortografi teks maupun pemilihan bacaannya, yang kita warisi dalam mushaf tercetak dewasa ini. Karena itu, tulisan ini juga akan menggagas bagaimana menyelesaikan itu lewat suatu upaya penyuntingan edisi kritis al-Qur’an.”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Jadi, si dosen itu ingin meyakinkan kepada kita, bahwa al-Quran kita saat ini masih bermasalah, tidak kritis, sehingga perlu diedit lagi. Dosen itu pun menulis sebuah buku serius berjudul “Rekonstruksi Sejarah al-Qur’an” yang juga meragukan keabsahan dan kesempurnaan Mushaf Utsmani. Dia tulis dalam bukunya (2005:379-381): “Terdapat berbagai laporan tentang eksistensi bagian-bagian terhentu al-Quran yang tidak direkam secara tertulis ke dalam mushaf oleh komisi Zayd, dan karena itu menggoyahkan otentisitas serta integritas kodifikasi Utsman…Dengan demikian, pandangan dunia tradisional telah melakukan sakralisasi terhadap suatu bentuk tulisan yang lazimnya dipandang sebagai produk budaya manusia.”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Jadi, sekali lagi, penulis buku itu mencoba meyakinkan bahwa mushaf Utsmani masih bermasalah, dan tidak layak disucikan. Yang ironis, buku ini diberi kata pengantar oleh Prof. Dr. Quraish Shihab, tanpa memberikan kritik yang berarti. Dalam pengantarnya, Quraish menulis, “Kasarnya, ada sejarah yang hilang untuk menjelaskan beberapa ayat atau susunan ayat al-Quran dari surat al-Fatihah sampai surat al-Nas.”

Penulis lain, seorang calon doktor dari satu Universitas di Australia yang juga rajin mengasongkan paham liberalisme, menulis sebuah catatan: “Sebagian besar kaum Muslim meyakini bahwa Al-Quran dari halaman pertama hingga terakhir merupakan kata-kata Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad secara verbatim, baik kata-katanya (lafdhan) maupun maknanya (ma’nan).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Keyakinan semacam itu sesungguhnya lebih merupakan formulasi dan angan-angan teologis (al-khayal al-dini) yang dibuat oleh para ulama sebagai bagian dari formalisasi doktrin-doktrin Islam.”

Ada lagi sebuah tesis master di Universitas Islam Negeri Yogyakarta (Dulu: IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), yang secara terang-terangan juga menghujat Mushaf Utsmani. Tesis itu sudah diterbitkan dalam sebuah buku berjudul: “Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan”, dan diberi kata pengantar dua orang doctor dalam bidang studi Islam, dosen di pascasarjana UIN Yogyakarta. Di dalam buku ini, misalnya, kita bisa menikmati hujatan terhadap al-Quran seperti kata-kata berikut ini:

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

“Setelah kita kembalikan wacana Islam Arab ke dalam dunianya dan melepaskan diri kita dari hegemoni budaya Arab, kini saatnya, kita melakukan upaya pencarian pesan Tuhan yang terperangkap dalam Mushaf Utsmani, dengan suatu metode dan pendekatan baru yang lebih kreatif dan produktif. Tanpa menegasikan besarnya peran yang dimainkan Mushaf Utsmani dalam mentransformasikan pesan Tuhan, kita terlebih dulu menempatkan Mushaf Utsmani itu setara dengan teks-teks lain. Dengan kata lain, Mushaf itu tidak sacral dan absolute, melainkan profan dan fleksibel. Yang sakral dan absolut hanyalah pesan Tuhan yang terdapat di dalamnya, yang masih dalam proses pencarian. Karena itu, kini kita diperkekenankan bermain-main dengan Mushaf tersebut, tanpa ada beban sedikitpun, beban sakralitas yang melingkupi perasaan dan pikiran kita.”

Fenomena menghujat al-Quran seperti dilakukan oleh para sarjana dari kalangan Muslim semacam ini adalah fenomena baru dalam sejarah Islam Indonesia. Selama 350 tahun dijajah Belanda, fenomena semacam ini tidak pernah ada. Hal semacam ini sudah begitu lumrah dalam tradisi Kristen. Kritik terhadap Bibel sudah menjadi hal biasa. Mereka sudah mengembangkan satu bidang ilmu yang dikenal dengan nama “Biblical Criticism”.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Tradisi Kristen semacam ini sekarang dibawa masuk ke dalam tradisi Islam oleh orang-orang dari kalangan Muslim sendiri, yang terpengaruh oleh tradisi Kristen. Jika kita simak sebuah buku berjudul “Penafsiran Alkitab dalam Gereja: Komisi Kitab Suci Kepausan” (Yogyakarta: Kanisius, 2003), tampak bagaimana pengaruh studi Bibel telah merasuk ke dalam studi al-Quran di perguruan-perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Para penyerang al-Quran sebenarnya hanya menjiplak ide-ide dan bukti-bukti yang disodorkan oleh para orientalis Yahudi dan Kristen. Bisa jadi, mereka juga mengambil fakta-fakta yang telah ditulis oleh para ulama Muslim. Tetapi, dianalisis dalam perspektif sesuai kepentingan orientalis. Jauh sebelumnya, pada tahun 1927, Alphonse Mingana, pendeta Kristen asal Iraq dan guru besar di Universitas Birmingham Inggris, sudah mengimbau bahwa “sudah tiba saatnya sekarang untuk melakukan kritik teks terhadap al-Qur’an sebagaimana telah kita lakukan terhadap kitab suci Yahudi yang berbahasa Ibrani-Arami dan kitab suci Kristen yang berbahasa Yunani (The time has surely come to subject the text of the Kur’an to the same criticism as that to which we subject the Hebrew and Aramaic of the Jewish Bible, and the Greek of the Christian scriptures).”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Imbauan pendeta Kristen dan tokoh studi Islam itulah yang kini diikuti oleh begitu banyak sarjana dari kalangan Muslim. Fenomena penyerangan terhadap al-Quran ini harusnya menjadi perhatian paling serius oleh para ulama dan cendekiawan Muslim. Ini adalah bentuk kemungkaran yang sangat besar. Sebab, mereka telah membongkar satu asas keyakinan kaum Muslim yang paling asas, yaitu tentang kesucian al-Quran. Mungkin para penghujat al-Quran itu sedang khilaf. Mungkin ia merasa menemukan sesuatu yang hebat sehingga merasa dirinya lebih hebat dari para Imam dan ulama Islam terkemuka. Mungkin juga mereka sekedar iseng, karena motif-motif tertentu. Atau, mungkin juga ia merasa menemukan kebenaran.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Terlepas dari semua itu, buku-buku atau artikel yang mereka terbitkan, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Cendekiawan muslim wajib menjawabnya dengan cara-cara ilmiah yang lebih baik dari karya-karya mereka. Tentu saja ini bukan tugas yang ringan, dan memerlukan biaya yang sangat besar. Sebab, harus mengumpulkan literatur-literatur yang sangat banyak. Sayangnya, dalam Kongres Umat Islam yang baru lalu, masalah ini tidak disentuh. Padahal, masalah ini jauh lebih serius daripada masalah bencana alam, pornografi, dan sebagainya. Bukankah Rasulullah saw sudah berpesan, jika kita melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangan, lisan, atau hati. Yang menjadi problem besar saat ini adalah ketika para cendekiawan Muslim sendiri tidak paham, bahwa saat ini telah terjadi kemungkaran yang besar semacam ini. Wallahu a’lam. (Jakarta, 29 April 2005/Hidayatullah.com).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Tantangan Berat Paus Benediktus XVI

Senin, 25 April 2005
Selain banjirnya liberalisme di tubuh Kristen, gereka juga menghadapi masalah serius menyangkut dasar-dasar teologi mereka. Mampukan Benediktus XVI menghadapinya? baca CAP Adian Husaini ke-96

Habemus papam (Kita punya Paus). Begitu kata penganut Katolik Roma, menyusul terpilihnya Joseph Ratzinger sebagai Paus baru menggantikan Paus Yohannes Paulus II, Selasa (19/4). Ratzinger yang memilih gelarnya “Paus Benedictus XVI” dikenal sebagai teolog konservatif, sehingga meruntuhkan harapan banyak kaum liberal dalam Katolik. Paus yang oleh kaum Katolik dijuluki sebagai “Bapa Suci” atau “Wakil Kristus”, memegang peran sentral dalam agama Katolik.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Meskipun berbagai persoalan teologis masih mengganjal di benak banyak teolog Katolik, namun keputusan Paus adalah penentu. Begitu sentralnya peran Paus sebagai Wakil Kristus di bumi, maka sampai abad ke-17, masih ada kepercayaan bahwa bumi adalah pusat tata surya dan seluruh alam semesta bergerak mengelilingi Mahkota Paus.

Dalam tradisi Katolik, dikenal doktrin infalibilitas/infallibility, yang menyatakan bahwa Gereja bebas dari kemungkinan sesat dalam hal-hal yang berkaitan dengan iman dan kesusilaan yang diwahyukan. Sifat ini dianugerahkan kepada seluruh Gereja dengan perantaraan Roh Kudus, khususnya kepada Dewan Uskup dalam kesatuan dengan Paus, pengganti Petrus. Konsili Vatikan I (1869-1870) mengajarkan bahwa Paus tidak dapat sesat kalau sebagai gembala seluruh orang Kristiani dan pengganti Petrus.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Akan tetapi doktrin infalibilitas itu tidak mampu mencegah terjadinya konflik dan perpecahan dalam Kristen. Oleh para penentangnya dari kalangan Kristen lain, Paus dinilai banyak melakukan kesalahan yang fatal, sehingga Gereja tidak mampu lagi mempertahankan sifatnya yang “satu, kudus, katolik, dan apostolik”, sebagaimana diputuskan dalam Konsili Konstantinopel tahun 381. Dari sekitar 1,8 milyar orang Kristiani di seluruh dunia kini, pemeluk Katolik berjumlah sekitar 1,1 milyar, Ortodoks 173 juta, Protestan 382 juta, dan Anglikan 75 juta.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Perpecahan – bahkan konflik-konflik berdarah antara Katolik dan Protestan- telah memunculkan pertanyaan mendasar tentang ‘kebenaran dan keselamatan’ internal Kristiani. Gereja manakah yang benar? Jika Gereja Katolik saja yang benar, apakah Gereja-Gereja lain – yang juga mengakui Ketuhanan Yesus – merupakan Gereja yang sesat? Tokoh Protestan Martin Luther menyebut Paus sebagai sosok anti-Kristus yang dalam berbagai karikatur ketika itu digambarkan sebagai monster jahat. Balasan Katolik terhadap Protestan juga tidak tanggung-tanggung. Sejarah mencatat, pada 1527, misalnya, terjadi “The St. Bartholomew’s Day Massacre”, yaitu pembantaian sekitar 10.000 kaum Protestan diParis – termasuk wanita dan anak-anak- oleh kaum Katolik.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Beban sejarah yang kelam dari Gereja Katolik semacam itu tidak mudah dilupakan, dan berpengaruh besar dalam pengambilan kebijakan di masa kemudian. Kekejaman insitusi Gereja yang bernama Inquisisi sangat terkenal. Karen Armstrong mencatat, bahwa salah satu dari institusi Kristen yang paling jahat adalah Inquisisi, yang merupakan instrumen teror dalam Gereja Katolik sampai dengan akhir abad ke-17.

Kesalahan Gereja Katolik dimasa lalu akhirnya diralat oleh pemuka gereja di masa kemudian. Tentu saja, fakta-fakta kesalahan Gereja Katolik di masa lalu memunculkan pertanyaan yang mendasar tentang keabsahan doktrin infalibilitas.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Ketika mengobarkan Perang Salib, 1095, misalnya, Paus Urbanus II menyatakan bahwa bangsa Turki (Muslim) adalah bangsa terkutuk dan jauh dari Tuhan. Maka, Paus menyerukan, “membunuh monster tak bertuhan seperti itu adalah suatu tindakan suci; adalah suatu kewajiban Kristiani untuk memusnahkan bangsa jahat itu dari wilayah kita.” Dampak seruan Paus itu memang luar biasa pada sikap dan tindakan pasukan Salib di Jerusalem dan berbagai wilayah lain. Di Jerusalem, hampir semua penduduknya dibantai. Laki-laki, wanita, anak-anak, tanpa pandang bulu dibantai di jalan-jalan, lorong-lorong, rumah-rumah, dan di mana saja mereka ditemui. Apakah tindakan Paus dan kaum Kristen seperti itu merupakan perwujudan doktrin infalibilitas?

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Perubahan sikap yang besar ditunjukkan Gereja Katolik saat Konsili Vatikan II, 1962-1965. Kaum Yahudi tidak lagi diburu. Literatur-literatur anti-Yahudi disisihkan dari perpustakaan Vatikan. Terhadap kaum Muslim, Gereja Katolik juga secara formal mengubah pendekatan. Dialog-dialog antar agama digalakkan. Eksklusivisme Gereja Katolik ‘melunak’, dan secara

verbal meninggalkan jargon “extra ecclesiam nulla salus” (di luar Gereja tidak ada keselamatan). Konsili memang tetap menekankan kewajiban menjalankan misi Kristen kepada seluruh bangsa (ad gentes). Tapi, hal itu dilakukan dengan cara-cara yang jauh lebih halus dibandingkan pada masa lalu. Tidak lagi menggunakan cara-cara pembaptisan paksa.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Meskipun Konsili Vatikan II sudah banyak mencoba ‘berkompromi’ dengan ‘modernitas’, namun, masalah dalam Gereja Katolik bukan berarti selesai. Paus-paus setelah Konsili Vatikan II terus dihadapkan pada masalah-masalah pelik, khususnya ketika harus berhadapan dengan nilai-nilai sekularisme dan liberalisme Barat. Sebagai salah satu aktor penting dalam politik internasional, Paus tentu saja harus terlibat dalam berbagai problema politik yang didominasi nilai-nilai sekular-pragmatis.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Tidak jarang, dalam pengambilan keputusan, nilai-nilai pragmatis tampak lebih dominan. Sikap Vatikan terhadap Israel adalah contohnya. George Emile Irani, dalam tulisannya berjudul “The Holy See and the Israeli-Palestinian Conflict” memaparkan kecenderungan sikap pragmatis Vatikan tersebut. Pada tahun 1947, Vatikan mendukung sikap PBB untuk melakukan ‘internasionalisasi’ terhadap Kota Jerusalem. Sikap ini kemudian bergeser, setelah Israel mengokohkan cengkeramannya terhadap Jerusalem. Tahun 1948, menyusul diproklamasikannya Negara Israel 14 Mei 1948, Vatikan menyatakan bahwa Zionisme bukanlah perwujudan Israel, sebagaimana disebutkan dalam Bibel. Vatikan juga menegaskan, bahwa Kota Jerusalem bagian dari Dunia Kristen. Namun, sejak Israel menduduki Jerusalem tahun 1967, sikap Vatikan mulai melunak. Pada akhirnya Vatikan mengakui eksistensi faktual dari Israel, haknya untuk eksis, sebagaimana negara-negara berdaulat lainnya.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Hebatnya sambutan dan pemberitaan tentang kematian Paus Yohannes Paulus II di media massa internasional, sebenarnya sebuah fenomena paradoks diera globalisasi yang didominasi nilai-nilai sekular-liberal Barat. Betapa tidak, dalam wacana sekularisasi dan

liberalisasi -termasuk yang dijejalkan kepada dunia Islam- terdapat keharusan untuk memisahkan antara agama dengan politik. Namun, Vatikan adalah pengecualian. Kaum Katolik diberi hak untuk memiliki negara dan agama sekaligus. Vatikan mendapat hak satu suara di PBB. Vatikan juga diberi hak untuk menempatkan dua besarnya di berbagai negara. Disamping kepala Gereja Katolik Roma, Paus adalah kepala Negara Vatikan. Memang kekuasaan Paus tidak sebesar seperti di zaman Pertangahan Eropa, dimana Paus menjadi penguasa di atas semua kepala pemerintahan di dunia Kristen ketika itu. Sekarang, setelah mengurangi banyak lingkup kekuasaannya oleh kekuatan sekuler Barat, Vatikan masih terus dihadapkan pada masalah-masalah yang pelik dan rumit menyangkut eksistensi teologisnya sendiri. Sekularisasi dan liberalisasi masih ‘belum puas’ memakan mangsanya. Apalagi, borok-borok di kalangan pemuka agama Katolik juga terus diekspose di media massa.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Sebelum meninggalnya Paus Yohannes Paulus II, Gereja Katolik dan kaum Kristen pada umumnya digoncang novel “The Da Vinci Code” karya Dan Brown. Isinya -sebagaimana dipaparkan dalam catatan sebelumnya– membongkar dasar-dasar teologi Kristen dan memporak-porandakan sebuah susunan gambar yang bernama Kristen. Novel ini berusaha meyakinkan pembacanya, bahwa umat manusia telah dibohongi Gereja selama 2000 tahun. Yesus yang dipuja sebagai Tuhan, ternyata sempat mengawini Mary Magdalena dan punya keturunan dari Mary.

Beberapa tahun terakhir, citra Gereja Katolik juga sempat babak belur dihajar isu skandal seks sejumlah tokohnya di AS. Prof. Hans Kung, teolog Katolik terkenal asal Jerman, misalnya, menutup bukunya, The Catholic Church: A Short HIstory (New York: Modern

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Library, 2003), dengan sebuah epilog: “Can The Catholic Church Save Itself”? (Mampukah Gereja Katolik Menyelamatkan Dirinya Sendiri?). Pesimisme Hans Kung didasari banyaknya laporan tentang skandal seks para pemuka Gereja Katolik, sehingga ia mengusulkan agar

Vatikan mencabut doktrin ‘celibacy’ (larangan menikah bagi pastor). Menurut Hans Kung, doktrin celibacy bertentangan dengan Bible (Matius, 19:12, 1 Timotius, 3:2). Doktrin ini, katanya, juga menjadi salah satu sumber penyelewengan seksual di kalangan pastor. Karena itu Hans Kung menyerukan, “Celibacy sukarela, Yes! Celibacy paksaan, No!”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Dunia Katolik sangat terpukul ketika media massa membongkar ribuan kasus pedopilia (pelecehan seksual terhadap anak-anak) yang dilakukan oleh para tokoh Gereja. Pada 27 Februari 2004, The Associated Press wire menyiarkan satu tulisan berjudul Two Studies Cite

Child Sex Abuse by 4 Percent of Priests, oleh Laurie Goodstein, yang menyebutkan, bahwa pelecehan seksual terhadap anak-anak dilakukan oleh 4 persen pastur Gereja Katolik. Setelah tahun 1970, 1 dari 10 pastur akhirnya tertuduh melakukan pelecehan seksual itu. Dari tahun 1950 sampai 2002, sebanyak 10.667 anak-anak dilaporkan menjadi korban pelecehan seksual oleh 4392 pastur. Studi ini dilakukan oleh The American Catholic Bishops tahun 2002 sebagai respon terhadap tuduhan adanya penyembunyian kasus-kasus pelecehan seksual yang dilakukan para tokoh Gereja.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

A.W. Richard Sipe, seorang pendeta Katolik Roma, menulis buku berjudul “Sex, Priests, and Power: Anatomy of A Crisis” (1995). Buku ini menceritakan perilaku seksual di kalangan para pendeta dan pastor. Sebagai gambaran, pada 17 November 1992, TV Belanda menayangkan program 17 menit tentang pelecehan seksual oleh pemuka agama Kristen di AS. Esoknya, hanya dalam satu hari, 300 orang menelepon stasiun TV, dan menyatakan, bahwa mereka juga mengalami pelecehan seksual oleh para pendeta di Belanda.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Tahun 2002, The Boston Globe, juga menerbitkan sebuah buku berjudul “Betrayal: The Crisis in the Catholic Church”, yang membongkar habis-habisan pengkhianatan dan skandal sex para pemuka agama Katolik. Pembongkaran skandal-skandal sex ini telah memunculkan krisis paling serius dalam Gereja Katolik. Pelecehan seksual – khususnya terhadap anak-anak – memang sangat serius. Sebagai contoh, tahun 1992, di Tenggara Massacusetts, ditemukan seorang pastor saja -bernama James R. Porter- melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari 100 anak-anak (pedofilia).

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Kini tugas berat berada di pundak Paus Benediktus XVI. Sebagai teolog konservatif yang menolak berbagai paham liberalisme, Ratzinger harus berhadapan dengan realita, bahwa mayoritas masyarakat Kristen sendiri sudah menjadi sekular dan liberal. Di tengah arus globalisasi dan liberalisasi yang mengarah pada terbentuknya satu ‘teologi global’, ia haruscxmempertahankan dekrit “Dominus Jesus” yang menolak paham pluralisme agama, dan menegaskan, bahwa satu-satunya jalan keselamatan adalah melalui Yesus Kristus.

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Paus juga masih harus berhadapan dengan derasnya tuntutan agar wanita diberi peran yang lebih besar dalam Gereja. Hingga kini, wanita menjadi warga ‘kelas dua’ dalam Gereja Katolik. Gereja tidak mengizinkan wanita ditahbiskan menjadi pelayan Gereja. Menyusul perdebatan sengit masalah ini, tahun 1994, Paus Yohannes Paulus II mengeluarkan deklarasi “Ordinatio Sacerdotalis” yang menegaskan: “Gereja tidak mempunyai otoritas untuk memberi tahbisan imam kepada wanita dan bahwa keputusan ini harus ditaati oleh semua umat beriman.”

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Maka, dunia kini sedang menunggu corak dan kebijakan Paus Benediktus XVI dalam merespon berbagai masalah dan tantangan yang melingkupi Gereja Katolik saat ini. Akankah ia bertahan dengan gaya “panzer” nya menolak liberalisme, atau akan berkompromi dengan liberalisme? (Hidayatullah.com)

==========================
Puisi lebay jayus unik – kumpulan Puisi-Puisi lebay jayus unik untuk pacar – koleksi Puisi lebay jayus lebay untuk wanita (not here)
==========================

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: