MENGKRITISI LOMBA MAKAN KRUPUK

MENGKRITISI LOMBA MAKAN KRUPUK

16 Agustus 2009 — ibnu fauzy

panjat pinangMungkin ada yang menganggap judul artikel ini terlalu dipaksakan atau berlebihan, namun saya melihat fenomena lomba makan krupuk sudah mewabah dan seolah-olah menjadi lomba “wajib” saat perayaan HUT RI. dan saya melihat banyak hal yang terdapat dalam lomba makan krupuk ini yang perlu menjadi perhatian kita semua, apalagi lomba ini umumnya dilakukan oleh anak-anak generasi penerus bangsa. maka saya tergerak hati untuk mengkritisi lomba yang satu ini.

lomba sah-sah saja dilakukan. Nabi SAW juga pernah mengajak ‘Aisyah ra. untuk berlomba lari. beliau juga memerintahkan kepada para sahabatnya untuk berlatih memanah, gulat, dan renang.

ketika tiba perayan HUT RI, bermacam lomba digelar. namun ada yang menarik dari sekian lomba yaitu lomba makan krupuk. saya melihat ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan syari’at Islam pada kegiatan lomba makan krupuk ini, diantaranya :

1. lomba makan krupuk dengan langsung memakannya dengan mulut, sedangkan Islam mengajarkan kita makan dengan tangan kanan.

2.  lomba makan krupuk dilakukan dengan berdiri, sedangkan Islam mengajarkan kita makan dengan duduk.

3. lomba makan krupuk dimulai setelah ada peluit atau aba-aba, sedangkan Islam mengajarkan kita memulai makan dengan membaca basmalah.

4. lomba makan krupuk dengan tergesa-gesa, sedangkan Islam mengajarkan kita makan dengan tenang, bahkan jika kita sedang makan, lalu ada adzan, maka kita diperintahkan untuk menyelesaikan makan kita.

5. lomba makan krupuk sering tidak habis, mubadzir dan menghamburkan harta, sedangkan Islam mengajarkan kita untuk hemat dan tidak menghamburkan harta.

6. lomba makan krupuk merangsang  jiwa tamak, sedangkan Islam mengajarkan kita untuk tidak tamak.

7. lomba makan tidak diajarkan Islam, jika ingin lomba maka hendaknya memilih lomba memanah, gulat, dan renang atau lomba yang bermanfaat lainnya.

Anak adalah aset yang berharga, mendidik anak dengan akhlak mulia adalah modal yang sangat mereka butuhkan untuk membentuk jiwa mereka. jika mereka dibiasakan dengan hal-hal yang bertentangan dengan Islam dan tidak diajari tentang adab-adab Islam, maka mereka bisa tumbuh menjadi manusia yang tidak mengindahkan perintah dan larangan agama, naudzubillah min dzalik

http://ibnufauzy.wordpress.com/2009/08/16/mengkritisi-lomba-makan-krupuk/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: